Khasiat Buah, Minyak dan Daun Zaitun

Maret 10, 2010 pukul 4:34 pm | Ditulis dalam Kesehatan | Tinggalkan komentar
Tag:

Zaitun adalah tanaman yang bertahan hidup cukup lama dan mengandung banyak manfaat bagi manusia, baik minyak, daun, kayu maupun buahnya.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-Mu’minun ayat 20 :

“Dan pohon kayu keluar dari Thursina (pohon zaitun), yang menghasilkan minyak, dan pemakan makanan bagi orang-orang yang makan.”

Dan dalam Al-Qur’an Surat An-Nahl ayat 10-11, Allah SWT berfirman :

“Dia-lah, Yang Telah menurunkan air hujan dari langit untuk kalian, sebahagiannya menjadi minuman dan sebahagian lainnya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kalian menggembalakan ternak kalian. Dia menumbuhkan bagi kalian dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.”

Khasiat Buah Zaitun

Buah Zaitun mengandung 67% air, 23% minyak, 5% protein, 1% garam mineral, terutama garam kalsium dan besi. Buah ini juga mengandung beberapa jenis vitamin. Karena buah ini mengandung minyak, sehingga mengandung unsur-unsur vitamin A dan D, keduanya biasa ada pada minyak. Zaitun termasuk buah yang memiliki fungsi kesehatan, karena mengandung vitamin B dan C.

Buah Zaitun memiliki rasa yang enak dan baik untuk dikonsumsi orang dewasa maupun anak kecil. Diantara khasiat buah zaitun dalam dunia kedokteran adalah untuk menguatkan lambung, membangkitkan selera makan dan menyembuhkan penyakit liver.

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun terkenal di kalangan Bangsa Arab karena cahayanya yang jernih, sebagaimana disebutkan oleh firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat An-Nur ayat 35 :

“Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada Pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat (nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu.”

Minyak Zaitun memiliki ciri khas yaitu warnanya yang kuning pucat yang cenderung kehijau-hijauan, memiliki aroma yang khas dan tidak mudah basi. Minyak Zaitun kaya akan unsur mineral dan unsur-unsur yang jarang ditemukan lainnya. Zaitun tergolong minyak yang tak jenuh atau tidak banyak mengandung lemak (triglyceride) dibandingkan dengan minyak biji kapas atau minyak linen dan minyak rami.

Oleh karena itu, minyak zaitun ini lebih banyak digunakan untuk membuat beberapa jenis makanan dibanding jenis-jenis minyak lain, karena minyak ini tidak banyak mengandung lemak dan bisa dijadikan pengganti minyak-minyak yang banyak mengandung lemak lainnya. Di samping itu, minyak jenis ini dapat memelihara tubuh dari hal yang tidak baik, seperti kelebihan lemak yang bisa menyebabkan sejumlah penyakit. Misalnya penyakit penebalan dinding pembuluh nadi (Arteiosclerosis), meningkatnya tekanan darah, nyeri dada dan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh timbunan lemak.

Rasulullah SAW telah mengatakan, zaitun ini adalah buah yang baik. Diriwayatkan dari Turmudzi dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah, dari Nabi SAW beliau bersabda :

“Makanlah zaitun dan jadikanlah ia pelumas, karena sesungguhnya ia termasuk pohon yang diberkahi.”

Khasiat Minyak Zaitun
Menyembuhkan penyakit kuning, memecahkan batu ginjal, meningkatkan produksi air empedu dan menyembuhkan penyakit gula. Oleh karena itu, dianjurkan meminum 2 sendok minyak zaitun, 1 kali di pagi hari dan 1 kali di sore hari sebelum tidur. Boleh juga ditambah dengan air jeruk nipis ke dalamnya.
Mengobati penyakit persendian, infeksi syaraf, juga pembengkakan pada persendian, dengan cara dibuat obat gosok dicampur dengan beberapa butir bawang putih lalu dimasukkan ke dalam 200 gr minyak zaitun. Setelah direndam selama 2-3 hari, ramuan ini digosokkan beberapa kali pada bagian yang terasa sakit.
Memelihara kecantikan kulit dan menghilangkan kerutan di wajah dan leher. Yaitu dengan cara melumuri wajah dan leher dengan ½ sendok kecil minyak zaitun yang dicampur dengan kuning telur dan beberapa tetes air jeruk nipis. Atau yang lebih dikenal dengan istilah masker. Setelah kira-kira 1/3 bagian ini dibilas dengan air hangat-hangat kuku.
Melindungi tubuh dari sengatan sinar matahari dengan mengoleskannya sebagai minyak tubuh.
Mengobati rambut rontok, yaitu dengan cara memijat-mijat kulit kepala dengan minyak setiap sore, lalu ditutup pada malam hari dan dibilas pada pagi hari. Hal itu dilakukan selama 10 hari berturut-turut.
Mengobati pecah-pecah pada kulit tangan dan kaki, yaitu dengan cara mencampur minyak zaitun dan gliserin dalam takaran yang sama.

Khasiat Daun Zaitun

Apabila dikunyah, daun zaitun dapat menyembuhkan radang gusi dan tenggorokan. Apabila dihancurkan dan dijadikan juice, daun ini bisa berfungsi mencegah terjadinya peradangan. Apabila ditumbuk dan dihaluskan, air atau patinya dapat berguna untuk mengobati bisul dan luka, karena ramuan ini mengandung unsur-unsur yang memberi keseimbangan sekaligus membersihkan.

Mungkin juga digunakan untuk suntikan urus-urus (enema) bagi penderita luka pada lambung. Orang-orang Mesir kuno telah menaruh perhatian terhadap buah zaitun ini dengan cara banyak menanamnya, karena mereka mengetahui manfaat kedokteran yang terkandung di dalamnya.

-

Dikutip dengan perubahan dari Buku :

‘Pola Makan Rasulullah’ oleh Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad as-Sayyid

http://aziachmad.wordpress.com/2009/10/21/khasiat-buah-minyak-dan-daun-zaitun/

Tinggalkan sebuah Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: